September 28, 2022

GONDANG, MOJOKERTO~ Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 77 Masyarakat Dusun Kleco, Desa Centong, menggelar Karnaval yang dikuti Oleh Sebelas RT karnaval diikuti sekitar seribu peserta dari anak-anak hingga orang tua berbagai kesenian, dan budaya ikut menyemarakan acara tersebut. Usai karnaval peserta disuguhi dengan Panggung Dangdut OM NIRWANA.

Kepala Desa (Kades) Centong, Santrian, mengungkapkan karnaval ini diikuti oleh sekitar 1.000 warga, start dan finish di Dusun Kleco Desa Centong. Warga diberi kebebasan untuk berkreasi dengan membuat hiasan bermacam-macam dengan dana swadaya masyarakat Dusun Kleco Dan dari Desa tanpa ada bantuan dari Partai ataupun Calon apapun, “ungkap Kades Kleco.

BACA JUGA :

Regu Gerak Jalan Putri PKK Desa Pugeran Sabet Juara Satu Se Kecamatan Gondang

“Kami berkeliling Desa kira-kira empat kilometer dengan memakai baju adat, baju perjuangan, baju kreasi, baju petani, semuanya ada,” katanya, Minggu(21/8/2022).

Ia mengungkapkan karnaval ini sekaligus momentum kebangkitan masyarakat dari pandemi Covid-19. Dan sambutan warga sangat antusias mengikuti karnaval karena selama lebih dari dua tahun masyarakat tidak mendapatkan hiburan akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA :

Desa Balongmasin Adakan Pagelaran Musik Dangdut Serta Pemotongan Tumpeng Sebagai Rasa Syukur Pada Para Pahlawan

Salah seorang peserta karnaval, sebut saja Dodit mengungkapkan, “Merdeka bukan hanya milik mereka yang berduwit saja, kami sebagai anak-anak Bangsa juga berhak atas kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Biarkan kami berkreasi dengan upaya dan kemampuan kami, tanpa harus meminta -minta, jangan ajari kami tentang pengorbanan.. MERDEKAA…, ” ungkapnya dengan semangat.

Saya berharap dengan kegiatan karnaval Desa setelah pandemi mereda ini dapat menambah persatuan dan kesatuan desa. Ia juga berharap karnaval dapat menjadi ajang menguatkan kekompakan di era kemerdekaan. (harie)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.