PONOROGO ~ Kelompok Pengelola (SPAM) TirtoAgung, Dadapan , KrajanDesa Pulung,Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo ,Jawa Timur , mendapatkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) merupakan salah satu program Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan berbasis masyarakat.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses penduduk pedesaan dan pinggiran kota terhadap fasilitas air minum dan sanitasi dalam rangka akses Akses Universal Air Minum dan Sanitasi.Berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, air minum dan sanitasi telah menjadi urusan wajib Pemerintah Daerah.

Purnomo Ketua,KP SPAM Tirto Agung Dadapan,Krajan ,Desa Pulung mengatakan , Program Pamsimas yang sekarang masih dalam pengerjaan ini, dengan sumur bor ( sumber mata air dari tanah ) yang di targetkan kedalaman sumur kurang lebih 100 meter, kebutuhan air minum ini sangat dibutuhkan masyarakat, di Dusun Dadapan Krajan ,dalam menyediakan layanan air minum dan sanitasi yang tentunya memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM),

Lanjut Purnomo ,melalui program Pamsimas, air bersih yang bisa digunakan untuk air minum ,nantinya bisa mengalir sampai ke rumah-rumah warga sehingga program Pamsimas ini bisa memberikan dampak pada urusan sanitasi yaitu dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sanitasi bagi lingkungan dan yang lebih penting diharapkan berkelanjutan, Tutupnya. (@pur)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *