Beranda ยป Bhabinkamtibmas Bersama Pelindo Gelar Penanaman Pohon, Bukti Kontribusi Lingkunganmu

SIAK, Seputarindonesia.co.id.

Bhabinkamtibmas bersama petugas Pelabuhan Pelindo Regional 1 Terminal Perawang serta Karang Taruna Pinang Sebatang Timur melaksanakan penanaman pohon sebagai bukti kontribusi peduli lingkungan di areal Pelabuhan Pelindo, Jumat (17/12/2022).

Pada kegiatan penanaman pohon tersebut hadir petugas Terminal Head, Richard Siahaan, Manager operasional, Said Dedi Candra, Manager Penunjang Operasional, Ade Krisna, Asmen Bina Pelanggan/PFSO, M.Yuqi
Korlap Security, Aswardi, Danton, Nelson Simatupang, Ketua Karang Taruna, Dedi dan Bhabinkamtibmas Pinang Sebatang Timur Bripka Jumi P Sihombing.

Richard Siahaan kepada wartawan menyampaikan, penanaman pohon dilaksanakan dikarenakan polusi yang sudah menutupi udara seolah jadi makanan sehari-hari di kota besar. Semakin lama, udara kotor ini bisa membuat tubuh kita semakin sakit. Selain membatasi penggunaan kendaraan pribadi, salah satu solusi untuk membuat udara lebih segar adalah dengan menanam lebih banyak pohon.

“Manfaat menanam pohon pun tak hanya berhubungan dengan kesehatan, tapi juga lingkungan kita. Manfaat menanam pohon mungkin tidak bisa langsung kita rasakan dalam waktu singkat. Namun di masa depan, usaha ini akan sangat berguna bagi anak-anak dan cucu kita kelak, agar mereka bisa tumbuh di lingkungan dengan udara yang bersih dan bebas dari penyakit,” kata Richard Siahaan.

Di tempat yang sama Bhabinkamtibmas Bripka Jumi Sihombing menuturkan bahwa Pohon adalah penyaring udara di bumi. Dengan daun dan batangnya, pohon menyerap gas dan komponen berbahaya di udara lalu mengeluarkan oksigen, sehingga membantu kita untuk bernapas.

“Di kota-kota besar, pohon biasanya juga menyerap gas polusi yang dihasilkan kendaraan seperti nitrogen oksida, ozon, dan karbon monoksida. Selain itu, debu dan asap lainnya pun akan disingkirkan olehnya,” beber Bripka Jumi.

Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat di desa binaannya, untuk bersama melakukan pelestarian lingkungan. Dengan menanam pohon, maka kita mencegah terjadinya erosi.

“Apa yang terjadi jika tanah sampai erosi? Bencana longsor akan muncul. Sebab, pada tanah yang gersang dan lapang tanpa pohon, hujan lebat bisa memberikan tekanan yang begitu besar langsung ke dasar. Jika ada pohon, maka tekanan dari hujan lebat tersebut bisa tersaring,” urainya.

“Ada banyak manfaat menanam pohon yang bisa didapatkan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jangan menunggu penanaman massal. Kegiatan positif ini bisa dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita dengan menanam satu batang pohon terlebih dahulu. Jika dilakukan secara rutin, maka tanpa terasa kita sudah berkontribusi terhadap lingkungan yang akhirnya menjadi lebih teduh, asri, dan sehat, untuk keluarga maupun lingkungan sekitar kita,” pungkasnya. (at/Simon)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *