Nias Selatan, Seputarindonesia.co.id.
Danramil 10 Lolowau Kodim 0213/Nias Kapten Arh Suruh Adiman N Hutapea menjadi Inspektur Upacara Pengibaran Bendera SMAN 1 Lolowau Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara” Dengan Tema : Berbakti Kepada Orang Tua adalah Cerminan Kepada NKRI,Senin (28/11/2022)

Danramil 10/Lolowau Kapten Arh Suruh Adiman N Hutapea dalam arahan dan amanatnya mengatakan bahwa Puji dan Syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa kita bisa berkumpul ditempat ini untuk mengikuti Upacara Bendera dengan Keadaan Sehat Walafiat.

” Berbakti Kepada Orangtua adalah Cerminan berbakti kepada NKRI yaitu : Bertutur kata yang lembut, menjaga tutur kata saat kita berbicara kepada Orangtua supaya mereka tidak merasa sakit hati atau tersinggung ,Hindari kata-kata yang bernada tinggi, terlebih kata yang tergolong kasar, selain itu kita membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, sebagai seorang Anak yang ingin berbakti kepada Orangtua, kita bisa memulainya dengan cara membantu mereka dalam menyelesaikan membantu pekerjaan rumah.

Danramil menambahkan bahwa kita sebagai Anak wajib patuh terhadap perintah Orangtua,apabila Orangtua meminta bantuan kepada kita dimana hal tersebut bisa kita lakukan, maka jangan sampai kita menunda bahkan menolak jika kita tidak ada hal lain yang mendesak, karena Orangtua kita telah melayani kita Anaknya sejak Bayi tanpa ada pernah mengeluh penuh dengan kesabaran dan Kasih sayang, kita wajib melakukan perintah Mereka.

Selain itu kita harus bersikap Sopan kepada Orangtua, dan tidak hanya ucapan saja , yang wajib kita jaga adalah Kelembutan kesantunan dan menjaga sikap yang santun, Selalu Sabar dan tahan Amarah, Umumnya Orangtua semakin bertambah usia maka semakin rewel sikap yang mereka tunjukan, itu dipicu karena faktor usia bahwa makin tua dan renta,mereka justru akan semakin mudah marah dan Sensitif.

Lebih lanjut Danramil menjelaskan bahwa Mlmemberikan hadiah kepada Orangtua ,hal itu sangat membuat mereka bahagia, walaupun tak seberapa harga nilainya,Orangtua tak pernah mengharapkan diberi apapun dari Anaknya. Kita jangan menyia-nyiakan kerja keras Orangtua di zaman Modern ini, karena banyak kita dapati Anak-anak yang tidak bisa menghargai perjuangan serta kerja keras Orangtua mereka dalam memberi nafkah anaknya, dan menyekolahkan mereka, sebenarnya itu adalah perjuangan mereka agar masa depan Anaknya lebih baik dan bisa berguna bagi Nusa dan Bangsa kedepan, untuk mencapai hal tersebut, harus belajar dengan giat dan sungguh-sungguh,bersikap baik dan menghargai perjuangan Orangtua.

Pasti ada diantara kita yang sudah tidak memiliki Orangtua,karena mereka sudah berpulang kepangkuan Sang Ilahi, Cara Akita berbakti kepada Orangtua yang sudah meninggal yaitu:

1). Selalu mendoakan serta memohon Ampun.
2). Menjalin silaturahmi dengan kerabat Orangtua.
3). Memberikan sedakah atas nama Orangtua.
4). Menyebarkan ilmu yang bermanfaat.
5). Melunasi hutang kedua Orangtua serta menjaga nama baik Orangtua, Ujar Danramil mengakhiri.

Kepala sekolah SMAN 1 Lolowau Syukur berkat Gea SP.d. dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat mengucapkan terimakasih atas arahan dan bimbingan yang disampaikan oleh Bapak Danramil 10/Lolowau kepada Anak didiknya, semua nasehat itu sangat berguna bagi masa depan Anak-anak, ucapnya.

Kegiatan Upacara Bendera tersebut berlangsung dengan penuh hikmah, dan turut dihadiri oleh Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah, Para guru dan Staf SMA N 1 Lolowau, serta seluruh Siswa SMAN 1 Lolowau dan Babinsa Koramil 10/Lolowau. (at)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *