Beranda » Dinas PU Sosialisasikan Proyek Peningkatan Irigasi Bantarhenca Di Palabuhanratu Sukabumi
Sukabumi, seputarindonesia.co.id – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi mensosialisasikan proyek peningkatan jaringan irigasi di Kampung Bantarhenca, Desa Tonjong, Kecamatan Palabuhanratu, Rabu 5 Juni 2024.
Proyek pembangunan di daerah irigasi (DI) Bantarhenca ini diperkirakan akan memakan waktu selama 180 hari dengan nilai kontrak sebesar Rp3,3 Miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2024. Proyek ini dikerjakan oleh CV. Demi Karya.
Sosialisasi proyek tersebut disampaikan kepada masyarakat khususnya para petani yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di Desa Tonjong utamanya terkait ruang lingkup dan detail kegiatan proyek yang akan dilaksanakan.
Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PU Kabupaten Sukabumi Adi Setiadi Nugraha menyampaikan beberapa poin penting dalam sosialisasi tersebut. Mulai dari item-item pekerjaan yang akan dilakukan hingga membahas pola peraturan yang akan diterapkan dalam proyek ini.
Termasuk menjaga pola tanam dan kondisi bibit ikan di sepanjang saluran irigasi, sehingga tidak hanya memperbaiki infrastruktur tetapi juga memperhatikan aspek ekologis dan sosial.
“Pekerjaan tahun ini dimulai dengan pembangunan utama pengarah arus di hulu, kemudian dilanjutkan dengan pembangunan saluran dari konstruksi beton dan bangunan penunjang lainnya,” kata Adi.
Adi berharap bahwa kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan tertib, serta mendapat dukungan dari semua pihak yang terlibat. Selain itu, proyek ini juga akan melibatkan masyarakat sesuai dengan kebutuhan untuk pemberdayaan serta memastikan masyarakat setempat mendapatkan manfaat langsung dari proyek ini.
“Kami juga melibatkan masyarakat sesuai kebutuhan untuk pemberdayaan. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan semua pihak dapat memahami dan mendukung pelaksanaan proyek irigasi ini. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dan masyarakat sekitar dengan menyediakan infrastruktur irigasi yang lebih baik dan berkelanjutan,” tandasnya.
(M.Dasep)
Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *