Beranda » Ruwatan Desa Balongmasin Hadirkan Ludruk Karya Baru, Kades Serahkan Tumpeng ke Forkopimcam.

MOJOKERTO ~ Pemerintah Desa Balongmasin beserta seluruh warganya menggelar acara ruwah desa hari minggu malam bertempat di Balai Dusun Manukan Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, (21/04/2024)

Turut hadir Camat Pungging, Amsar Azhari Siregar, SH MM, Kapolsek Pungging, AKP Didit setiawan, Danramel Kapten Lutfi, serta segenap tamu undangan ,turut hadir juga tentunya Kepala Desa serta perangkat Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging.

Sebelum acara pagelaran Ludruk Karya Baru dimulai terlebih dahulu dilakukan penyerahan tiga tumpeng, dengan harapan mudah-mudahan hasil pertanian masyarakat Desa Balongmasin bisa melimpah. Tumpeng yang pertama diserahkan ke Bapak Camat Amsar, tumpeng yang kedua diserahkan ke Kapolsek Pungging Bapak AKP Didit, selanjutnya tumpeng yang ketiga diserahkan ke Bapak Lutfi sebagai Danramil Pungging. Acara yang dirangkai secara sedemikian rupa itu, bertujuan supaya bisa dinikmati oleh para warga Balongmasin maupun warga luar Desa Balongmasin Kecamatan Pungging.

Kades, Balongmasin Drs Bambang mengatakan, tradisi ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan rezeki serta untuk mempererat tali silaturahim warga dusun, dan juga berdoa memohon agar masyarakat Dusun Manukan Khususnya, warga Desa Balongmasin pada umumnya dijauhkan dari marabahaya.

“Alhamdulillah masyarakat antusias menyambut momen ruwah dusun pada malam ini serta kita bersama-sama kembali mengingat leluhur kita. Ini adalah bentuk syukur masyarakat Desa Balongmasin, dengan hiburan Ludruk Karya Baru dari Puri Mojokerto” kata Bambang Kades Balongmasin.

Acara puncak nya yaitu pagelaran ludruk karya baru dari Mojokerto, sebelum nya juga ditampilkan tarian Remo, Lawakan, Tari Ular, dan sebagainya.

Acara sendiri berlangsung sangat meriah serta kondusif. Terlihat warga sejak sore sudah memadati halaman Balai Dusun Manukan, untuk menikmati puncak Ruwah Desa, yaitu pagelaran ludruk Karya Baru dari Mojokerto. Para warga tidak beranjak dari tempat tontonan.

“Alhamdulillah acara Ruwah Desa ini berjalan lancar serta di dukung dengan cuaca yang sangat cerah. Amien, ini berkat do’a semua warga Desa Balongmasin,” ujar Kusairi Kepala Desa Balongmasin yang terlihat sangat sibuk pada acara tersebut. (har)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page