Beranda » “Sidorejo Maju Rukun sejahtera”, Tema Ruwah Dusun Sidorejo Desa Wonosari
Keterangan Foto : Nampak foto Kades Wonosari Sekdes Wonosari BPD perang Desa Wonosari serta penampilan tari remo.

NGORO | MOJOKERTO ~ Ruwah Dusun merupakan salah satu tradisi menjelang bulan ramadhan, bertepatan pada bulan ruwah (bulan jawa) yang sering dan rutin diadakan di Dusun Sidorejo Desa Wonosari. Adat ini juga disebut bersih Dusun, secara substansi bisa dikatakan adat untuk membersihkan Dusun dari tolak bala. Acara digelar di Wisata Sumber dhuwur Dusun Sidorejo, Desa Wonosari Kecamatan Ngoro, Minggu 18/02/2024.

Acara ini dihadiri Kades Wonosari Takrib SH, Ketua Penyelenggara Sanadi, Perwakilan dari PT WBI, sekdes Desa Wonosari, Babinkamtibmas, Babinsa Desa Wonosari, Kasun Sidorejo, perangkat Desa Wonosari, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Mahadiswa Umsida Sidoarjo dan Karang Taruna Desa Wonosari.

Upacara adat ini diadakan ditempat keramat makam leluhur dusun Sidorejo dengan menampilkan hiburan Wayang Kulit Kidalang Dugel Agung Saputro. Dengan suka cita tradisi bersih Dusun dirayakan  masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa membawa bermacam jenis makanan dari rumah masing-masing.

 

Disamping bersih Dusun, ruwah Dusun juga merupakan acara untuk menghormati para sesepuh-sesepuh desa. Hal ini dilakukan oleh seluruh masyarakat desa baik kalangan santri kampung, atau orang awam. Warga Dusun Sidorejo sangat antusias berpartisipasi dalam acara ini.

Ketua Panitia, Sanadi mengatakan, tradisi ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan rezeki serta untuk mempererat tali silaturahim warga dusun, dan juga berdoa memohon agar masyarakat Dusun Sidorejo dijauhkan dari marabahaya.

“Alhamdulillah hari ini kita mengumpulkan masyarakat pada momen ruwah dusun ini kita ajak masyarakat bersama-sama kembali mengingat leluhur kita. Ini adalah bentuk syukur masyarakat dusun Sidorejo” kata Sanadi dilokasi acara.

Takrib SH, Kades Womosari dalam sambutannya mengatakan, tradisi bersih Dusum ini digelar setiap setahun sekali, guna melestarikan budaya Jawa. Selain itu, juga agar Dusun Sidorejo dijauhkan dari berbagai bentuk bencana, sehingga senantiasa aman damai dan tentram.

“Semoga kegiatan ini membawa berkah bagi masyarakat dusun Sidorejo Desa Wonosari. Bersama seluruh warga, tokoh agama dan tokoh masyarakat uri-uri budaya leluhur,” tuturnya.

Lebih lanjut Kades Wonosari menambahkan, kegiatan bersih dusun yang digelar bersama warga ini merupakan tradisi yang sudah dilakukan turun temurun. Dia berharap, kegiatan ini bisa memberikan tuntunan pada generasi muda untuk melestarikan kebudayaan yang selama ini kita adakan di Sumber dhuwur,” pungkas Takrib Kades Wonosari. (har)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page