Beranda » Laporan Kegiatan Jama’ah Haji Indonesia Tahun 2023 Langsung Dari Tanah Suci Makkah

Seluruh Jama’ah Haji Indonesia Sudah Berada Di Arofah Untuk Ikut Gelar Puncak Prosesi Haji Wukuf

Makkah – Jamaah Haji Indonesia secara berangsur-angsur diberangkatkan ke Padang Arofah sejak pagi hingga sore hari kini sudah tiba di padang Arofah.

Pemberangkatan jamaah calon haji ke Arafah dilakukan secara bertahap mulai Senin (26/6) dalam tiga tahap pemberangkatan, yakni dimulai pukul 07.00-11.00 WAS. Tahap kedua, pukul 11.00-15.00 WAS dan tahap ketiga mulai 15.00 WAS sampai selesai.

Begitu tiba di Arafah, jamaah haji Indonesia akan diarahkan ke maktab-maktab (tenda) yang sudah disiapkan dan per tenda akan diisi sekitar 2.900 calon jamaah haji. Sebagaimana telah disampaikan oleh salah seorang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sektor 8 Adhoc Arafah Ramza Husmen di Mekah Senin.(26/6).

Wukuf merupakan giat rukun haji yang wajib dilakukan, jika tidak maka batal hajinya atau tidak sah hajinya.

Wukuf giat diam atau berhenti menetap di padang Arofah pada tanggal 9 Dzulhijjah ( Tahun ini bertepatan dengan 27 Juni 2023). Mereka menghuni tenda-tenda besar yang berisi sekitar 200 orang. Tidur di atas karpet dan perorang difasilitasi kasur busa alas tidur. Dilengkapi AC Blower besar dilengkapi beberapa kipas angin besar. Membuat kondisi ruangan sangat sejuk dimalam hari. Walau udara diluar pada siang hari suhunya mencapai
44° C.

Giat Wukuf dimulai sejak adzan Dhuhur sampai adzan Subuh tanggal 10 Dzulhijjah /28 Juni 2023. Dimulai dengan mendengarkan khotbah Wukuf.

Dilanjut shalat jamak qosor Takdim Dhuhur dan Ashar masing-masing 2 rakaat, diteruskan dengan dzikir-dzikir, baca talbiyah dan doa-doa memohon apa saja yang diinginkan kepada Allah Swt. Arofah merupakan tempat mustajabah untuk terkabulnya doa jika memohon berdoa kepada Allah Swt.

Selesai Wukuf jika telah tiba waktu maghrib. Kemudian para jamaah haji meninggalkan Arofah bergeser ke Musdhalifah untuk mabit.

Jamaah haji Kloter 85 berangkat ke Arofah jam 13.00 WAS dan tiba di Arofah jam 14.00 WAS menempati Maktab Sektor 45.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page