SIGI, – Banyak inovasi yang dilakukan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang satu ini,

Pembawaannya yang bersahaja sehingga mudah diterima oleh Masyarakat Desa binaanya yaitu Desa Balane Kecamatan Kinowaro Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah

Ia adalah Brigadir Polisi (Brigpol) Andi M. Fatiaras Batara yang biasa disapa Pak Andi atau Pak Bhabin Andi. Sebelum menjadi Bhabinkamtibmas Desa Balane Polsek Marawola Polres Sigi, Andi sebelumnya bertugas di Direktorat Intelkam Polda Sulteng.

Pria kelahiran Pangkajene Kabupaten Sidrap 35 tahun lalu merupakan jebolan Sekolah Aliyah Rahmatul Asri Kab. Enrekang. Kecintaannya kepada Polisi mendorongnya untuk mendaftar masuk menjadi Bintara Polri.

Tahun 2008 Ia didik di Pusdik Intelkam Polri, Soreang Kab. Bandung dan dilantik menyandang pangkat Bripda. Sehingga tugas pertamanya adalah di Ditintelkam Polda Sulteng.

Semenjak dipercaya menjadi Bhabinkamtibmas Desa Balane Kec. Kinowaro yang merupakan wilayah hukum Polsek Marawola pada September 2015, beberapa terobosan kreatif diwujudkan sesuai latar belakang pendidikannya Sekolah Aliyah.

Berikut ini beberapa terobosan kreatif dan Inovasi yang telah dilakukannya, sehingga mengangkat nama baik Institusi Kepolisian dan Desa Balane Kec. Kinowaro Kab. Sigi,

Brigadir Polisi Andi memulai pengabdiannya dengan membentuk taman pengajian tahfiz Qur’an yang diikuti oleh anak anak di tiga dusun Desa Balane, dimana setiap pembelajaran, nasi kuning selalu disiapkan serta memberikan bonus sepeda kepada santrinya yang mampu menghafal Alquran 30 juz dengan tujuan untuk merangsang atau memotivasi mereka agar menjadi anak yang akhlakulkarimah.

Selain itu Andi juga melakukan Sayembara Sholat subuh berjama’a dengan hadiah sepeda gayung dan lomba adzan serta hafal surat pendek dengan bonus alat sholat, Al-quran dan buku tulis serta pemberian bibit ikan dan terpal guna menanggulangi penyakit stunting dan menambah lapangan pekerjaan serta meningkatkan penghasilan keluarga.

Andi juga membangun dan pengembangan obyek wisata berupa tangga seribu dan bendungan misterius guna meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat lokal dalam membangun, mengembangkan dan menciptakan lapangan pekerjaan berupa pedagang kecil (UMKM) serta parkir kendaraan.

Gayungpun bersambut, Inovasi yang dilakukan dalam membangun Desa mendapatkan apresiasi dari dinas pariwisata dan Kementerian pariwisata pun mengucurkan bantuan sebesar Rp 450 juta kepemerintah desa guna membangun Pariwisata Desa.

Semua kegiatan yang dilakukan Brigadir Polisi Andi M. Fatiaras Batara didasari dengan keikhlasan untuk membangun desa binaan walaupun harus mengeluarkan dana pribadinya.

Abdul Rahman Warga Desa Balane yang juga tokoh agama pun memberikan apresiasi atas kerja dan pengabdian tulus yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Brigpol Andi,

‚ÄúSelaku tokoh agama mengucapkan trimakasih kepada Brigpol Andi yang telah banyak menanamkan nilai nilai akhlak kepada anak Desa Balane, semoga pak Andi selalu diberkati dan mendapat ridho dari yang maha kuasa”.ucapnya

Apresiasi ini juga diberikan oleh Kapolres Sigi AKBP Reza A Samanjuntak SH.SIK.MH. dengan memberikan piagam penghargaan sebagai wujud penghargaan institusi kepolisian atas dedikasi kerja dan sikap pengayomannya kepada masyarakat balane

Kapolres Sigi juga mendukung dan memberikan support kepada Bhabinkamtibmas Balane yang akan melaksanakan kegiatan Lomba ceramah dan tilawah untuk anak-anak SD dan SMP dengan memberikan bonus sepeda.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *