MC. Dinas Kesehatan Kab. Parigi Moutong dan Ketua IBI (diwakili) oleh Sekretaris IBI Kab. Parigi Moutong, terus berupaya dalam meningkatkan Kemampuan Mutu Bidan, Kader, dan TP-PKK tingkat kecamatan dan desa dalam upaya Pencegahan Stunting, AKI dan AKB di Kabupaten Parigi Moutong.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris IBI Kab. Parigi Moutong Ni Ketut Titin Sumarni, A.Md.Keb. Saat memberikan Sambutan dan Pembinaan kepada seluruh Bidan, Kader dan Tim Penggerak PKK, yang berlangsung di Aula Kantor Camat Bolano Lambunu, pada hari Rabu, (05/10/2022), Pukul 14.00 s.d 17.00 Wita.

Sekretaris IBI mengatakan, pembinaan ini ditujukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas Para Bidan Kader, dan PKK sehingga diharapkan dapat berperan aktif dalam melaksanakan program kerja organisasi sesuai tupoksinya, disamping itu pula menjadikan Prioritas Utama Program Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten. Hal Ini sangat penting, karena ini yang menjadi salah satu faktor utama dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas dan kuantitas suatu keluarga,” ujarnya.

Beliau juga sangat mengapresiasi kepada Kepala Puskesmas beserta Jajarannya yg telah bekerja dan Menjadikan Kec. Bolano Lambunu, sebagai Capain Laporan KIA yang terbaik, tidak adanya desa lokus dan balita stunting serta tidak terdapatnya AKI dan AKB sejak 3-4 tahun terakhir ini, Ungkapnya.

Sementara itu, Camat Bolano Lambunu, Drs. Sudarso, dalam sambutannya sekaligus membuka acara pertemuan juga menyampaikan bahwa berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kab. Parigi Moutong, UPTD Puskesmas Lambunu 2, Kepada Narasumber dari Institusi Pendidikan “Universitas Widya Nusatara Palu”, yang selalu berupaya bersama memberikan pembinaan dan koordinasi kali ini Kepada Bidan Desa, Kader dan Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa. Ucapnya.
Kami Pihak Kecamatan selalu mendukung upaya Inovasi bidang kesehatan yang di lounching oleh pihak UPTD Puskesmas Lambunu 2 dalam upaya Pencegahan Stunting dan adanya AKI dan AKB di Kec. Bolano Lambunu. Tambahnya.

Sementara dalam penyampaian singkat oleh Kepala UPTD Puskesmas Lambunu 2 *Wawan Akibu, S.Kep.,Ns.* Bahwa kami terus berupaya untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi yang baik, baik di tingkat Pemerintah Desa maupun Kecamatan dalam mendukung upaya peningkatan capaian program kesehatan di puskesmas, terutama dengan adanya Lounching 3 Inovasi Pada Tahun 2022, Dalam memperkuat Upaya Pengembangan Program Kesehatan Masyarakat Terutama Pencegahan Stunting dan Adanya AKI dan AKB Di Wilayah Kerja Puskesmas. Imbuhnya.

Turut hadir juga pada kegiatan tersebut Dosen Universitas Widya Nusantara Palu *Sugyarso Sanan, BSN., MM* Sekaligus Penyampaian Materi Inti dalam pertemuan tersebut, dimana beliau membawakan sambutan sekaligus memberikan pemahaman materi tentang *Peningkatan Kapasitas Mutu Kinerja Bidan, Kader dan PKM*
Menurutnya, pembinaan atau pengajaran ini perlu di perhatikan dengan serius guna untuk meningkatkan kemampuan seluruh Bidan, Kader dan TP-PKK Kecamatan dan Desa dalam merealisasikan program-programnya yang berdaya ungkit kepada masyarakat.

“Dengan adanya Pembinaan ini dapat menekankan pada tanggung jawab penuh dan merasa setiap individu adalah pahlawan pembangunan bangsa, siapapun dia, baik orang tua, perangkat desa, bidan ,kader, sampai pemegang kebijakan, semua adalah elemen bangsa yg turut membesarkan anak bangsa sebagai penerus estafet pembangunan manusia dan alam kekayaan Indonesia. Tegasnya.

Sehingga akhir dari harapan sebuah pertemuan ini ialah bagaimana materi wawasan dan pengetahuan yang telah didapat dari upaya peningkatan kapasitas mutu ini agar bisa ditingkatkan kembali serta bisa di aplikasikan di setiap kegiatan di seluruh desa, untuk lebih memajukan Kecamatan Bolano Lambunu yang lebih sukses kedepannya. (red)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page