Teks foto : Nampak TNI manunggal dengan rakyat melalui Program TMMD

 

 

MOJOKERTO ~ Program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD yang berjalan di masing masing daerah, yang dilaksanakan oleh satuan komando wilayah dalam hal ini Kodim, adalah merupakan suatu wujud bakti  TNI secara nyata bersama rakyat. TMMD merupakan Program rutin terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, pemda, dan lapisan masyarakat serta stakeholder, sebagai bentuk pemerataan pembangunan nasional untuk lebih sejahtera, adil dan gotong royong, serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

 

TMMD sebagai sebuah Darma Bakti TNI yang  melibatkan komponen utama pertahanan. Yaitu TNI untuk membantu penyelenggaraan kegiatan kemanusiaan, ikut secara aktif membantu kegiatan pembangunan di dusun dusun maupun desa, serta peduli membantu pemerintah daerah dalam mengatasi  kemiskinan di daerah. Salah satunya adalah, Kodim 0815/Mojokerto beserta jajarannya sangat gencar ikut terlibat dalam melaksanakan pemerataan pembangunan disegala bidang melalui program TMMD di wilayah Kecamatan Pacet.

 

Sabtu (30/7/2022), Koramil 0815/16 Pacet Kodim 0815/Mojokerto, melaksanakan kegiatan TMMD berupa kegiatan pembangunan rabat beton jalan penghubung antara Dusun Bendorejo dengan Dusun Mungkut wilayah Kecamatan Pacet dan rehab Musollah Nurul Iman.

 

Danramil 0815/16 Pacet Kapten Caj M. Lutfi Anam menjelaskan, kegiatan ini bagian dari bentuk kecintaan TNI dengan Rakyat, dalam membantu masyarakat mengatasi keterbatasan infrastruktur. Dan sarana prasarana umum lingkungan di masing masing desa. Banyak yang telah dilakukan dari program tersebut, yang meliputi kegiatan pembangunan fisik dan kegiatan nonfisik. Misalkan, kegiatan pembangunan fisik yang telah selesai adalah, pembangunan rabat beton jalan penghubung antara Dusun Bendorejo dengan Dusun Mungkut wilayah Kecamatan Pacet dan rehab Musollah Nurul Iman, serta pengecoran jalan di Dusun Pringluwuh Desa Bendunganjati.

 

“Seluruh jajaran Koramil 0815/16 Pacet Kodim 0815/Mojokerto sangat aktif dilapangan, dalam mendukung setiap kegiatan masing masing pemerintah desa, yang dalam rangka pemerataan pembangunan disegala bidang di masing masing dusun,” jelas Pak Lutfi sapaan akrabnya.

 

Selain melaksanakan secara maksimal program TMMD di teroterial wilayah pacet. Koramil Pacet telah mempunyai program rutin, dalam kerja bhakti bersama warga. Diantaranya, bersih bersih sungai, perawatan jalan desa maupun dusun serta lahan kosong, juga program Jum’at Berkah dengan menyediakan makanan dan minuman gratis bagi warga yang tidak mampu.

 

“Program TMMD adalah merupakan keterpaduan lintas sektor antara TNI-Polri, bersama Pemda serta komponen masyarakat sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah, jelasnya. (ris)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page