Beranda » Laporan Kegiatan Jama’ah Haji Indonesia Tahun 2023 Langsung Dari Tanah Suci Makkah
Foto : Para jama’ah haji Indonesia berebut beli makan di Pasar 100 meter sebelah hotel Rawdat At-Tawhed.

Hari Ini Ahad Jama’ah Indonesia Tak Dapat Jatah Makanan

Mekkah – Jama’ah haji Indonesia hari ini Ahad, 25 Juni 2023 tidak dapat jatah makanan dari PPIH Indonesia. Biasanya setiap jama’ah haji Indonesia perhari dapat jatah makan. Minum, buah dan puding 3X.

Akibatnya setiap jama’ah beli sendiri makan 3 X sehari. Sekali makan harganya 18 real. Biaya sehari 3 X 18 real = 54 real setara dengan 54 X Rp.4.000,- = Rp. 216.000,-

Ternyata penyebabnya bukan karena dana Haji habis atau kekurangan. Akan tetapi disebabkan karena transportasi pangiriman makan yang terhalang gak bisa lewat karena jalan ditutup. Sebab dipenuhi bus-bus yang mengantar seluruh jama’ah haji sedunia yang tahun 2023 ini berjumlah. 2 juta orang. Ini menurut penjelasan Menhaj Saudi Arabia DR. Tawfiq Ar-Rabiah.(25/1).

Besuk Senin tanggal 8 Dzulhijjah 1444 Haji atau 26 Juni 2023 semua jama’ah haji bergerak menuju padang Arofah memulai prosesi haji yaitu Wukuf.

Jadi perihal tidak dapat jatah makan hari Ahad tersebut memang sudah diantisipasi panitia dan sudah diumumkan melalui Kakloter, Karom dan para Kamu. Demikian isi penjelasan yang disampaikan oleh Karu 2 Romb 5 Kloter 85 Purwoko Hadiwasito. (25/6).

Seperti biasa terlihat sejak pagi jam 05.00 WAS para jama’ah haji Indonesia menyerbu pasar yang berlokasi 100 m kiri hotel Rawdat Al-Tawhed Holy Mosque Road Holy Makkah Al-Rawdha.

Mereka pada berebut membeli nasi pecel, lodeh, bakso, bandeng penyet, nasi putih, tempe telor penyet, klanting, kacang hijau, kue2 basah, kentang godog dll.

Nasi putih satu kotak plastik 5 real = Rp.20.000,-; Kacang hijau satu mangkok plastik 5 real. Nasi bandeng penyet 10 real.

Besuk Senin mulai pagi seluruh jama’ah haji Indonesia akan dibawa ke padang Arofah untuk melaksanan rukun haji Wukuf ( diam/berhenti dari segala kebiasaan maksiat dan dosa). Dengan haji stop segala perbuatan dosa dan durhaka kepada Allah SWT.

Wukuf di Arofah dimulai dari Dhuhur tanggal 9 Dzulhijjah 1444 H sampai dengan Adzan Subuh 10 Dzulhijjah 1444 H atau 28 Juni 2023.

Kontributor seputarindonesia.co.id : H MACHRADJI MACHFUD.

Langsung dari Makkah

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *