Piala Dunia, Timnas Argentina tampil sebagai juara Piala Dunia Qatar 2022 setelah mengalahkan Prancis melalui adu penalti pada final di Lusail Iconic Stadium, Senin (19/12/2022) dini hari WIB.

Penentuan pemenang harus melalui adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 3-3 pada waktu normal 90 menit dan extra time 2×15 menit. Skor adu penalti 4-2, sehingga skor akhir menjadi 7-5. .

Pada adu penalti, empat penendang awal Argentina semuanya mampu mencetak gol yakni Lionel Messi, Pauolo Dybala, Paredes, dan Montiel.

Dari empat eksekutor awal Prancis, hanya Kylian Mbappe dan Kolo Muani ang sukses. Dua penendang lainnya, Coman dan Touchemani gagal. .
Keberhasilan kapten tim Lionel Messi membawa Argentina juara di Piala Dunia Qatar 2022 menyempurnakan karier sepakbola sang megabintang.
Sebelumnya, Lionel Messi sudah membawa Argentina menjuarai Copa Amerika dan meraih puluhan trofi di level klub bersama Barcelona.
Lionel Messi dan kawan-kawan sekaligus membawa Argentina meraih 3 bintang atau tiga kali juara piala dunia. Dua gelar sebelumnya diraih tahun 1978 dan 1986.
Kemenangan ini juga mengakhiri penantian 36 tahun Tim Tango Argentina untuk mengangkat trofi piala dunia lagi.
Lionel Messi yang sekarang membela klub Paris Saint-Germain (PSG), kini sejajar dengan legenda sepakbola Argentina, Diego Maradona, yang membawa Argentina juara Piala Dunia 1986.

Sedangkan Prancis gagal meraih 3 bintang. Sebelumnya, Les Bleus sudah dua kali juara yakni Piala Dunia 1998 dan 2018.

Sebagai juara, Argentina berhak membawa pulang replika trofi piala dunia dan hadiah uang 35 juta pounds atau setara Rp653 miliar.
Sedangkan Prancis sebagai runner up menerima hadiah uang Rp466 miliar.

Duel Argentina vs Prancis yang berlangsung sengit berakhir 2-2 pada waktu normal.
Argentina yang mendominasi permainan di babak pertama, unggul 2-0 hingga jeda. Dua gol ini berkat skill individu penyerang sayap Argentina, Angel Di Maria.
Gol pertama Argentina dicetak Lionel Messi dari titik penalti di menit ke-32, setelah Ousmane Dembele menjatuhkan Di Maria di kotak 16 pertahanan Prancis.

Di Maria yang kini membela Juventus, menggandakan keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-36, menuntaskan umpan silang Mc Allister.

Di babak kedua, pergantian pemain yang dilakukan pelatih Prancis Didier Deschamps membuahkan gol. Les Bleus dengan permainan cepat mampu mencetak dua go hanya 10 menit sebelum laga berakhir. .
Dua gol Prancis diborong penyerang sayap Kylian Mbappe dari titik penalti pada menit ke-80 dan aksi individu di menit ke-81.
Pada extra time, kedua tim sama-sama menambah satu gol. Gol Argentina dicetak Lionel Messi, sehingga sang pemain total mencetak 3 gol di laga ini, termasuk pada adu penalti.
Prancis membalas melalui gol penalti Mbappe yang mengubah skor menjadi 3-3, sehingga laga harus diakhir dengan adu penalti.
Pada laga final ini, Mbappe mencetak 4 gol termasuk saat adu penalti. Mbappe meraih trofi top scorer atau pencetak gol terbanyak dengan total 8 gol di Piala Dunia 2022.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *