Beranda » Upacara Pembukaan Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktuba POLRI TA 2022 di Mako Rindam IX/Udayana

Bali. Pada hari Senin tanggal 12 Desember 2022, Pukul 07.55 Wita di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udy Jl. Kapten Piere Tendean No.1, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan telah dilaksanakan Upacara Pembukaan Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktuba POLRI TA 2022, bertindak sebagai Irup Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E.,M.M, dan Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra,S.H.M.Si, sebagai Danup Kabagum Rindan IX/Udayana Letkol Inf Dewa Darmada, sebagai Paup Wadan Secaba Rindam IX/Udayana Mayor Inf Tri Santoso.M, yang diikuti 161 peserta didik TNI – POLRI.

2. Susunan Pasukan sbb :

a. 1 Peleton Korsik Ajendam IX/Udy
b. Peleton Jajaran Pelatih TNI Polri
c. 6 Peleton Gabungan Siswa Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri
d. 1 Peleton Organik Bersenjata

3. Hadir dalam kegiatan sbb :

a. Staf Umum Kodam IX/Udy

1) Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E.,M.M
2) Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Tatan Ardianto, S.I.P.
3) Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana
Brigjen TNI Hardian Achmadi
4) Asrendam IX/Udayana Asrendam Kol Arm Johanes Toah Pioh, S.I.P., M.Si (Han)
5) Asintel Kasdam IX/Udayana Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho, S.E.
6) Asops Kasdam IX/Udayana Asops Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Septa Viandi Dwi
7) Aspers Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Riko Haryanto, S.I.P.
8) Aslog Kasdam IX/Udayana Kolonel Arm Widodo Noercahyo
9) Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Puji Hartono, S.I.P.
10) Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Antonius Totok

b. Jajaran Polda Bali

1. Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. I Putu Jayan Danu Putra,SH,M.Si.
2. Kadiv Humas Polda Bali Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, S.I.K., M.Si.
3. Karo SDM Polda Bali Kombes Pol. Tri Bisono Soemiharso

c. *Jajaran Rindam IX/Udy*

1. Komandan Rindam IX/Udy
2. Wadan Rindam IX/Udy
3. Para Kabag Rindam IX/Udayana
4. Para Katim Rindam IX/Udayana
5. Para Dansatdik Rindam IX/Udayana
6. Para Kadep Rindam IX/Udayana
7. Dokter Rindam IX/Udayana

d. Jajaran Forkopimda Tabanan

1) Bupati Kabupaten Tabanan diwakili Sekda Tabanan
2) Dandim 1619/Tabanan
3) Kapolres Tabanan

4. Rangkaian kegiatan sbb:

a. Pukul 07.40 Wita Persiapan Pasukan Upacara

b. Pukul 07.50 Wita Komandan Upacara memasuki Tempat Upacara

c. Pukul 07.52 Wita Laporan Perwira Upacara Kepada Irup

d. Pukul 07.53 Wita Inspektur Upacara tiba di tempat Upacara

e. Pukul 07.54 Wita Penghormatan Pasukan Kepada Irup

f. Pukul 07.55 Wita Laporan Komandan Upacara kepada Irup dilanjutkan Pemeriksaan Pasukan

g. Pukul 07.57 Wita Pernyataan resmi pembukaan pendidikan terintegrasi TA 2021 dilanjutkan penyematan tanda peserta pendidikan dan latihan

h. Pukul 07.59 Wita Penyematan tanda Diklat oleh Irup

i. Pukul 08.00 Wita Amanat Upacara Pembukaan Kolaborasi pendidikan Terintegrasi Dikmaba TNI AD Dengan Diktukba POLRI Tahun 2022 yang intinya sbb :

Assalamu’alaikum Wr.Wb.,Shalom,
Om Swastyastu, Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.

1) Yang saya hormati, Para Pangdam jajaran TNI AD, Kapolda, Danrindam, Ka SPN, Dandim, Kapolres, Para pejabat Forkopimda, Para tamu undangan.

2) Sebagai insan yang beriman dan bertaqwa, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan karuniaNya pada hari ini kita dapat menghadiri acara pembukaan kolaborasi integrasi Dikmaba TNI AD dengan Diktukba Polri dalam keadaan sehat wal’afiat.Selaku Komandan Kodiklatad saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh Bintara Siswa di Rindam setiap Kodam jajaran TNI AD.

3) Bintara Siswa sekalian
Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan sumber daya Prajurit TNI AD atau Polri yang profesional Kolaborasi Integrasi Siswa Dikmaba TNI AD dengan Siswa Diktukba Polri merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama antara TNI AD dengan Polri dibidang pendidikan yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

4) Output yang diharapkan dari kolaborasi integrasi Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktukba Polri adalah tumbuhnya bibit integrasi
dan sinergi yang kuat dalam mewarnai institusi TNI dan Polri sebagai alat negara yang terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

5) Bintara Siswa sekalian, Kegiatan
kolaborasi integrasi yang
dilaksanakan ini sangat bermanfaat dan strategis guna terwujudnya sinergitas TNI dan Polri, Karena ke depan tugas negara yang diemban oleh TNI dan Polri harus selalu bersama-sama, saling berkoordinasi, berintegrasi dan bersinergi, Oleh karena itu untuk mempererat rasa kebersamaan akan dibentuk keluarga asuh yang terdiri dari siswa Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri.

6) Melalui pembentukan keluarga asuh ini diharapkan dapat memberikan hasil dan dampak yang positif bagi soliditas dan sinergitas TNI dan Polri, Untuk itu, saya minta kepada seluruh Bintara Siswa agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh kebanggaan, kebersamaan, dan semangat Kepada para Bintara Siswa, saya ucapkan selamat berinteraksi

7) Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa
senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Sekian dan terima kasih.
Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.
Shalom.Om Shanti Shanti Shanti Om.

j. Pukul 08.05 Wita Amanat Kapolda Bali sbb :

Om Swastyastu,Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,salam kebajikan,syaloom,namo buddhaya,salam presisi.

1) Yang saya hormati Pangdam IX/Udayana,Mayjen TNI Sonny Aprianto, S. E. ,M.M., Analis kebijakan utama bidang Bindiklat lemdiklat Polri, Brigjen Pol. Drs. Rdison Sitorus, M.H.,beserta tim. Pabansisdik sdridik kodiklatad, Kolonel Inf. Rahman Sujana,Bupati Tabanan, diwakili oleh Sekda kab. Tabanan, para pejabat utama kodam IX/udayana para pejabat utama polda bali,komandan secaba rindam IX/udayana, kepala SPN polda bali, dandim 1619 tabanan, kapolres tabanan, para perwira, bintara dan pegawai negeri sipil seluruh hadirin dan tamu undangan yang berbahagia, serta seluruh peserta pendidikan dan pelatihan integrasi TNI – POLRI tahun 2022 yang saya banggakan.

2) Puji syukur marilah kita panjatkan
bersama kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-nya, kita semua masih diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama pada upacara
“pembukaan pendidikan dan pelatihan integrasi tni-polri tahun 2022” dalam keadaan sehat walafiat.

3) Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan membacakan amanat kalemdiklat polri, sebagai berikut :
1.pengenalan doktrin matra.
2. pengenalan fungsi matra.
3. perbantuan tni kepada polri dan perbantuan polri kepada tni.
4. operasi bersama tni-polri.
5. kegiatan yang mendorong terwujudnya sinergisitas dan soliditas melalui integrasi TNI – POLRI. Kegiatan tersebut diharapkan mampu menguatkan sinergisitas antara TNI – POLRI sebagai komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan nasional.

4) Hadirin dan para peserta upacara sekalian yang saya hormati dan saya banggakan, pelaksanaan kegiatan latihan kolaborasi antara peserta didik dikmaba TNI AD, dikmaba TNI – AL, dikmaba TNI AU dan diktukba polri yang sedang berlangsung di 13 satdik TNI dan POLRI diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh peserta didik sehingga terjalin silaturahmi dan sinergisitas antara TNI dan POLRI yang dimulai dari lembaga pendidikan sampai nantinya bertugas di satuan masing-masing. dalam hal ini di sepolwan dapat terselenggara diklat integrasi yang melibatkan 4 (empat) matra yaitu dari serdik kowad, kowal, wara dan serdik polwan.kegiatan diklat integrasi tni-polri pada level pendidikan pembentukan bintara merupakan kali kedua dilaksanakan secara serentak di 13 satdik POLRI dan kodiklat TNI. besar harapan kegiatan diklat integrasi dapat menjadi agenda rutin setiap tahunnya di bidang pendidikan dan pelatihan TNI – POLRI.

5). Hadirin dan para peserta upacara sekalian yang saya hormati dan saya banggakan,kepada para peserta didik laksanakan dan ikuti rangkaian kegiatan dengan penuh semangat
dan keikhlasan, guna menjalin persahabatan antar rekan-rekan TNI-POLRI, sehingga mampu
meningkatkan peran nyata dalam kerjasama dan kolaborasi antara TNI-POLRI. kegiatan kolaborasi
ini menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan sinergisitas melalui kegiatankegiatan yang membangun rasa kebersamaan,

kekompakan dan kesetiakawanan. gunakan kesempatan ini sebagai momentum untuk membina hubungan ke depan pada saat pelaksanaan tugas di satuan wilayah masing – masing.kepada para tenaga pendidik dan pengasuh saya titipkan para peserta didik untuk mengikuti kegiatan diklat integrasi TNI-POLRI. laksanakan tugas dengan penuh kehormatan, rasa tanggung
jawab dan keikhlasan serta jadilah role model yang baik bagi para peserta didik.

6) Demikian saya sampaikan pada upacara pembukaan ini, seraya memohon ridho allah SWT, dan
dengan mengucap “bismillahirrohmanirrohim” diklat integrasi TNI-POLRI, pada hari senin tanggal 12 desember 2022, secara resmi saya nyatakan “dibuka”.
mengakhiri sambutan ini semoga allah SWT senantiasa memberikan ridho-nya atas upaya kita dalam meningkatkan dan mengembangkan pendidikan dan pelatihan, aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi
AWabarakatuh,salam kebajikan, syaloom, namo buddhaya
Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.

k. Pukul 08.12 Wita Andika Bayangkari

l. Pukul 08.13 Wita Laporan Komandan Upacara

m. Pukul 08.14 Wita Penghormatan Kepada Komandan Upacara

n. Pukul 08.15 Wita Inspektur Upacara meninggalkan Lapangan Upacara

o. Pukul 08.20 Wita Sesi Foto Bersama

p. Pukul 08.35 Wita seluruh rangkaian Upacara Pembukaan Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktuba POLRI TA 2022, Selesai dengan tertib, aman dan lancar.

II. Pendapat Pelapor

1. Adapun tujuan Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktuba POLRI TA 2022 yaitu untuk memperbaiki, meningkatkan, dan mempertahankan mutu Pelatihan Integrasi TNI-POLRI dan kedepannya diharapkan dapat membentuk prajurit TNI & Anggota Polri yang memiliki kemampuan interaksi dan komunikasi yang harmonis sehingga meghasilkan kolaborasi yang optimal dalam pelaksanaan tugas bidang pertahanan dan keamanan.

2. Bahwa Agar nantinya TNI – AD dengan POLRI memiliki kemampuan Berinteraksi & berkomunikasi harmonis dan Membangun sinergitas dan membentuk fisik yang samapta serta Rasa kesetiakawanan dan rasa kepeduliaan serta rasa solidaritas antar sesama,mempunyai Jiwa kepemimpinan dan kerjasama dalam tim ,Paham mengenai sejarah TNI-Polri, dan Pemahaman mengenai tugas pokok TNI-Polri kedepannya nanti.

3. Diharapkan dengan adanya Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI yAD dan Siswa Diktuba POLRI TA 2022, dapat memberikan hasil dan dampak yang positif bagi soliditas dan sinergitas TNI dan Polri.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *