Beranda » Laporan Kegiatan Jama’ah Haji Indonesia Tahun 2023 Langsung Dari Tanah Suci Makkah

Rektor Unisma Malang Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si., Khotib Wukuf Padang Arofah Maktab 45

AROFAH – Puncak prosesi ritual Ibadah Haji tahun 2023 M /1444 H Wukuf di padang Arofah digelar kemarin 27 Juni 2023 / 9 Dzulhijjah 1444 H .

Para jama’ah haji yang sudah hadir di Arofah telah mempersiapkan diri menyambut wukuf dengan membaca Al-Qur’an, shalat wajib, shalat sunnah, dzikrullah , berdoa meminta terkabulnya berbagai keinginannya.

Sejak malam sampai menjelang Subuh, pagi sampai siang hari terdengar dzikir, talbiyah dan doanya tak henti. Yakin doanya dikabulkan oleh Allah Swt. sebab tepatnya di Arofah dan waktu nya tepat hari Arofah 9 Dzulhijjah. Arofah merupakan tempat dan saat terkabulnya doa ( mustajabah )

Begitu adzan Dhuhur terdengar berhentilah semua aktivitas merreka dan memulainya ibadah Wukuf dengan mendengarkan Khotbah Wukuf yang disampaikan oleh Rektor Unisma Malang Prof.Dr. H.Masykuri.

Selesai mendengarkan Khotbah Wukuf, dilakukan shalat jamak qosor takdim Dhuhur dan Ashar masing-masing 2 rakyat. Kemudian kembali melakukan dzikir dan doa sampai Maghrib tiban, terus lanjut bergeser ke Musdhalifah.

Berikut isi Khotbah Prof. Maskuri secara lengkap :

Laporan kontributor seputarindonesia.co.id,

Dari Arafah. (H MACHRADJI MACHFUD)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page