Beranda ยป MINANG MAIMBAU DI TANA JAO

Keterangan foto : Pagelaran Rantak Minang di Bandung. Foto/Ist.

Bandung, (Jabar) – Silih berganti, pagelaran kesenian, kebudayaan dan kuliner yang digelar oleh perantau minang di berbagai kabupaten / kota perantauan dengan tema, ” Minang Maimbau ” di Tana Jao (Pulau Jawa).

Perantau kabupaten Solok, Sumbar dari kenegarian Sulit Air, bermukim di kota Bogor, bersilaturahmi dengan walikota Bima Arya yang diorganisir oleh Perkumpulan Sulit Air Sepakat ( SAS) pertemuan antara perantau dengan kepala daerah termuda saat ini sangat kental di Restoran KLUWIH Bogor, Jumat (23/9)

Walikota Bogor DR Bima Arya dan ketua umum DPP SAS DR Happy Bone Zulkarnain, MA, bersama perantau menikmati kuliner yang disajikan oleh Ayahanda H Yarlis Bachtiar pembina SAS, pengusaha kuliner terbesar di kota Bogor saat ini dan tak asing bagi warga masyarakat dan pejabat untuk mampir ke Resto KLUWIH.

Acara yang dikemas oleh DPP SAS dengan jajaran Korwil juga dihadiri oleh Irwan Asbi Usman anggota DPR RI Komisi II Fraksi Gerindra Dapil Cianjur dan Bogor Urang Sumando Sulit Air.

Sebelumnya juga diselenggarakan Festival Kuliner, kesenian, dan kebudayaan Minang oleh Induk Keluarga Minangkabau ( IKM) di kota Cimahi diselangi dengan lomba lagu Sunda Parahyangan 11 September 2022 diketuai oleh Widianingsih, pimpinan sanggar SAHABAT new yang berkobalorasi dengan perantau sangat akrab dan terjalin kesatuan dan persatuan antara warga Minang dan warga Sunda.

BERLOMBA LOMBA

Perantau Minang dari berbagai asal kabupaten / kota di provinsi Sumbar tampaknya berlomba lomba menyele nggarakan even nagari di masing masing kota perantauan, seperti pemberitahuan perantau Minang dari kabupaten Limo Puluh Kota Payakumbuh.

“Perantau yang bermukim di Bandung Raya akan menyelenggarakan acara bergensi, ” RANTAK MINANG” Kuliner dan Kebudayaan di Cihampelas Walk Bandung, tgl 30 September hingga 2 Oktober 2022, ” kata Yudi Darma ketua umum Gonjong Limo Bandung Sabtu (24/9).

Siaran Pers panitia yang dikutif oleh media, mengungkapkan, acara Rantak Minang tersebut dikemas oleh organisasi Gonjong Limo Bandung dipimpin oleh Prof. DR.Eng Yudi Darma SS MSi akan menampilkan berbagai kesenian, kebudayaan dan kuliner ala Minangkabau dari kabupaten Limo Puluh Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Menurut agenda acara Rantak Minang menampilkan, aneka kuliner tradisional Minang, permainan KIM berhadiah, parade pakaian tradisional Minang, perguruan silek Singo Harau diramaikan oleh Zulfitra dan kawan kawan

Untuk menyemarakkan acara tersebut, khusus emak.emak dilombakan manatiang piring, manakok.lagu, lomba demo memasak dan permainan rakyat, serta prosesi penyambutan penganten Minang.

Acara yang dikemas itu diawali dengan Talk Show Kebudayaan dan Pariwisata oleh mantan Menteri PPN/ Bapenas Drs Andrinof Chaniago, MSI, dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, ST, MT yang dibuka oleh, gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ketua umum DPP Induk Keluarga Minangkabau (IKM) DR H Boy Rafli Ammar, SH, MH, Datuk Rangkayo Basa, nampaknya menyambut gembira adanya acara perantau minang yang silih berganti diselenggarakan oleh warga di kota perantauan dengan berbagai nama komunitas tetapi tetap dalam kesatuan dan persatuan.

Ketua umum Perantau Keluarga Minang di Bandung Raya, Nukaddis pernah berkata kepada wartawan bahwa perantau Minang tercatat berdasarkan identitas dan KK, tembus 2 juta jiwa sebagai penduduk di kota Bandung.

Adanya acara Rantak Minang yang dilaksanakan oleh perantau dari kabupaten / kota Payakumbuh, di Cihampelas Walk Bandung, 30 September hingga 2 Oktober 2022. Gubernur Ridwan Kamil dan jajarannya turut mengundang dunsanak dunsanak di Tana Jao, Mari kita hadiri dan sukseskan pagelaran Rantak Minang, ” kata ketua DPC SAS Tasikmalaya Drs Risman Thomas, MAP, MM. (Andy)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *