Beranda » Penebangan Pohon itu Untuk Pelebaran Jalan Dan Nantinya Akan di tanami Kembali

Jombang – Guna pelebaran jalan raya ruas Denanyar-Megaluh, Dinas PUPR Kabupaten Jombang melakukan penebangan ratusan pohon asem yang berdiri tegar sejak ratusan tahun pada ruas jalan dimaksud.

Penebangan pohon itu sempat mendapat somasi dari warga pengguna jalan tersebut karena terkesan panas ketika melintasi jalan yang meghubungkan antara Kecamatan Jombang dengan Kecamatan Magaluh itu.

Bayu Poncoroadi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jombang ketika dihubungi awak media via telepon pribadinya, Rabu (7/12/2022) mengatakan, tujuan penebangan pohon untuk pelebaran ruas jalan sepanjang 1 (satu) kilometer. Dilakukan pelebaran jalan sisi kiri dan sisi kanan, antara lebar 1-1,5 meter.

Sedangkan jumlah pohon yang ditebang tercatat 110 batang, diameter antara 30-40 cm tumbuh pada kiri kanan bahu jalan sepanjang jalur 1 km.

Bayu Poncoroadi menyebut, setelah kegiatan  pelebaran jalan selesai, ke depan pada sisi jalan dimaksud akan dilakukan penaman pohoin pengganti.

Kewenangan pengelolaan pohon di tepi jalan raya, merupakan tanggungjawab Dinas Lingkungan Hidup, akan tetapi Kadis PUPR menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dan ada kesepakatan dengan Dinas LH, bahwa berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan PUPR, sehingga seizin Dinas LH, pemangkasan atau penebangan dilakukan PUPR.

“Pohon-pohon yang ditebang, diserahkan ke Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) untuk selebihnya dilelang dan uangnya masuk ke Kas Daerah,” jelas Kadis PUPR.

Bayu Poncoroadi menyampaikan, onn progress pembangunan pelebaran  jalan pada ruas Denanyar-Megaluh tersebut, untuk pekan ini sudah mencapai 90 persen, sehingga dalam Desember 2022 ini sudah klier sesuai jadwal yang ditentukan.

Pelebaran jalan selanjutnya akan dikerjakan pada anggaran tahun 2023 untuk mencapai ruas jalan Kecamatan Jombang-Kecamatan Megaluh sepanjang 2,1 kilometer.

Kadis PUPR mengatakan ke depan, akan diusulkan penanaman pohon pengganti didanai APBD, sehingga pada lahan yang masih ada space bisa ditanami pohon penggaris .

“Dengan pemotongan dan pelebaran jalan tersebut akan memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan dan tentunya akan melancarkan juga mobilitas di jalan tersebut ” Pungkas Nya .
(Sobi)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page