Teks foto : Nampak, Gus Barra ikut menyerahkan secara simbolis kepada warga, sertifikat tanah program PTSL oleh BPN.

MOJOKERTO ~ Wakil Bupati Mojokerto H Muhammad Al Barra bersama Badan Petanahan Nasional (BPN) Kabupaten Mojokerto hari ini menyerahkan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Balai Desa Lengkong Kecamatan Mojoanyar, Kamis (17/11/2022).

Dalam sambutannya, Gus Barra panggilan akrab Wakil Bupati Mojokerto ini menyampaikan, bahwa Program PTSL merupakan program pendaftaran tanah yang dilakukan secara serentak bagi semua objek pendaftaran tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa atau kelurahan atau yang setingkat.

Seperti halnya, pembagian penyerahan sebanyak 889 sertifikat tanah warga Desa Lengkong melalui program PTSL di Balai
Desa Lengkong Mojoanyar.
PTSL yang begitu populer di masyarakat dengan istilah sertifikasi tanah ini, sepenuhnya dijamin oleh pemerintah mengenai kepastian hukum serta perlindungan hukumnya pada hak atas tanah yang dimiliki masyarakat. jadi warga masyarakat tidak perlu ragu dengan sertifikatnya, karena di jamin asli.

“Program PTSL ini, sangat memudahkan para warga desa yang belum mempunyai surat sertifikat tanahnya, untuk segera mengurus, agar memiliki bukti hak milik sah tanah, yaitu sertifikat. Segera daftarkan tanahnya agar bersertifikat, sehingga mempunyai kekuatan hukum,” jelas Gus Barra.

Sedangkan, Nuroso Kepala Desa Lengkong sangat bersyukur dengan telah diterimanya 889 sertifikat tanah melalui program PTSL warga Desa Lengkong. Dia juga berterima kasih kepada Gus Barra, yang selama ini terus memberikan dukungan dan berbagai bantuan pribadi bagi para warga Desa Lengkong yang mengalami cobaan maupun musibah.

“Warga Desa Lengkong Mojoanyar merasa lega, telah memiliki sertifikat tanah melalui program PTSL. Sehingga, masing masing warga memiliki kepastian hukum sehingga bisa mengurangi konflik pertanahan. Warga yang memiliki sertifikat juga bisa mendapatkan akses ke perbankan untuk pengajuan modal usaha dengan kredit usaha rakyat (KUR). Jadi kalau ini bisa dimanfaatkan dengan baik akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Kades Nuroso. (ris/har)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page